Mitos Atau Fakta Mandi Malam Memicu Rematik

Mitos Atau Fakta Mandi Malam Memicu Rematik – Benarkah mandi mandi malam dihindari oleh berbagai orang karena dapat menyebabkan penyakit rematik?

Di indonesia banyak sekali orang yang beranggapan bahwa mandi malam merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penyakit rematik atau kambuh nya penyakit rematik tersebut apakah hal itu mitos atau fakta? padahal kegiatan mandi malam tidak ada hubungannya dengan rematik mengapa demikian hal tersebut diakibatkan lantaran  rematik itu sendiri merupakan suatu penyakit autoimun ( penyakit yang disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan ) yang menyebabkan peradangan, nyeri, kaku, dan keterbatasan gerak pada sendi, tulang, dan otot. Kegiatan mandi merupakan kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh manusia karena banyak manfaatnya diantaranya untuk menyegarkan tubuh, membantu melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh dan untuk meningkatkan sirkulasi tubuh.

 

Mitos Atau Fakta Mandi Malam Memicu Rematik

Mitos Atau Fakta Mandi Malam Memicu Rematik

Berikut adalah beberapa mitos tentang rematik :

  1. Penyakit rematik adalah penyakit yang genetika ( penyakit turunan ), penyakit rematik sebenarnya buka penyakit keturunan namun, faktor keluarga juga dapat berpengaruh terhadap faktor rematik itu sendiri.
  2. Memakan sayuran hijau seperti kangkung, meski halnya dilarang yaitu memakan jeroan, seafood atau minuman beralkohol yang dapat menyebabkan asam urat.
  3. Rematik merupakan penyakit yang disebabkan oleh asam urat, seseorang yang mempunyai asam urat yang tinggi belum tentu ia terkena rematik hal itu karena rematik akan terjadi bila bila asam urat terkumpul di dalam sendi dan membentuk endapan kristal monosodium urat.
  4. Rematik merupakan salah satu penyakit tulang, akan tetapi pada kenyataannya rematik merupakan penyakit yang menyerang pada bagian persendian tulang .
  5. Penyakit rematik lebih besar terkena pada orang yang berusia lanjut ( lansia ), akan tetapi sebenarnya penyakit rematik bisa saja menyerang semua orang baik yang muda, dewasa atau pun yang sudah lanjut usia itu tergantung jenis – jenis rematik itu sendiri.
  6. Adanya rasa sakit yang terjadi pada tulang di malam hari merupakan tanda dan gejala rematik, sebenarnya gejala gejala rematik yang mungkin dialami yaitu adanya pegal – pegal dan peradangan pada sendi yang terjadi pada siang atau pun malam hari.
  7. Terlalu sering mandi malam pada usia muda dapat menyebabkan rematik di usia lanjut, fakta nya bila mandi di malam hari dengan air dingin akan menyebabkan penderita rematik menjadi otot kaku. Baca juga : Penyebab Rematik Di Usia Muda.

Sebaiknya, jika kita ingin mandi di malam hari gunakan air hangat supaya dapat melemaskan otot – otot yang tegang setelah melakukan aktivitas seharian, untuk bisa melawan suhu dingin pada saat malam hari dan untuk menghindari terjadinya kekakuan sendi.

Demikianlah pembahasan tentang mitos atau fakta mandi malam memicu rematik. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami.

Terimakasih.

 

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *