Penyebab Sakit Lutut Setelah Jongkok

Penyebab sakit lutut – Lutut sakit setelah jongkok sering dialami oleh banyak orang. meski sakit tersebut tidak berlangsung lama, namun sakit lutut setelah jongkok akan sangat menganggu. Sakit lutut setelah jongkok biasanya dapat dirasakan sesudah bangun tidur. 

Penyebab lutut sakit disebabkan karena mendapatkan tekanan yang lebih,  sehingga mengakibatkan lutut terasa sakit. Tidak hanya itu, ada beberapa kondisi yang menyebabkan sakit lutut. Lalu, apa saja peneyababnya,simak informasinya berikut ini : 

Penyebab Lutut Sakit Setelah Jongkok

  1. Asam Urat. Penyakit asam urat dapat menjadi salah satu penyebab sakit lutut setelah jongkok. Kondisi ini merupakan sebuah gejala dari asam urat, kondisi ini disertai dengan rasa nyeri yang tidak tertahankan dengan rasa panas yang tidak tertahankan. Biasanya bagian-bagian tubuh yang sering terserang sakit secara berlebih yaitu pergelangan kaki, jari kaki, sendi jari tangan hingga lutut. Biasanya laki-laki lebih beresiko terkena penyakit yang satu ini dibandingkan dengan dengan perempuan. 
  2. Rematik. Rematik merupakan penyakit yang sangat umum terjadi pada masyarakat. Rematik juga sering menyebabkan rasa sakit yang diakibatkan oleh peradangan atau pembengkakan pada bagian sendi bahkan otot. Penyebab lutut sakit juga merupakan salah satu gejala rematik. Tidak hanya itu saja, sendi kaku dipagi hari juga sering dirasakan. 
  3. Obesitas. Obesitas atau berat badan berlebih merupakan suatu penyakit yang berbahaya. Kondisi ini juga bisa menyebabkan seseorang mengalami penyakit lainnya seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke, hingga kolesterol tinggi. Tidak hanya itu saja, penderita obesitas juga sering merasakan sakit pada lutut, biasanya sakit tersebut dapat dirasakan sehabis jongkok atau duduk. 
  4. Bursitis. Bursitis merupkan suatu kondisi dimana mengalami peradangan atau pembengkakan pada bagian bursa atau kantong yang berisi cairan pelumas dengan letak diarea sendi. Kondisi tersebut tidak boleh disepelekan, karena kondisi tersebut membuat lutut akan terasa sakit khususnya pada saat jongkok atau duduk dengan posisi bersila. 
  5. Peradangan ligamen. Penyebab sakit lutut selanjutnya yaitu peradangan pada ligamen atau tendon akibat trauma. Lutut tersebut akan terasa sakit setelah jongkok. 

Itulah sedikit ulasan mengenai penyebab sakit lutut setelah jongkok, semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *