Perbedaan Rematik Dan Asam Urat

Rematik Dan Asam Urat – Penyakit Rematik Dan Asam Urat, Banyak orang yang menyangka bahwa rematik merupakan penyakit asam urat.  Begitupun sebaliknya penyakit asam urat sering disebut dengan penyakit rematik. Kedua kondisi tersebut memang sangatlah mirip, itu sebabnya banyak orang yang menyangkan bahwa rematik adalah asam urat. 

Rematik Dan Asam Urat

Meski kedua penyakit tersebut menyebabkan rasa nyeri yang sama, dan kedua kondisi tersebut sama-sama menganggu aktivitas sehari-hari, Namun hal tersebut tenu saja tidak sama. Oleh karen aitu, anda juga harus mengetahui perbedaan rematik dan asam urat. 

Perbedaan Rematik Dan Asam Urat

Rematik atau biasa disebut dengan rheumatoid arthritis merupakan suatu kondisi terjadinya peradangan atau pembengkakan pada sendi, sehingga menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang lanjut usia, Namun tidak menutup kemungkinan kondisi tersebut juga dapat menyerang orang dewasa sekalipun. Sedangkan asam urat merupakan radang sendi yang diakibatkan oleh pengendapan asam urat yang terjadi pada sendi. Pengendapan tersebut menimbulkan rasa sakit yang luar biasa pada sendi. 

Dari informasi diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa rematik dan asam urat dapat dibedakan melalui peradangan yang terjadi. Penyakit asam urat dapat terjadi ketika kadar asam urat berlebih, dan membentuk pengendapan pada sendi, tulang serta jaringan pada tubuh. Biasanya asam urat sering dirasakan pada jempol kaki, atau persendian kaki. Nyeri tersebut biasanya dapat dirasakan pada satu kaki atau bahkan keduanya. 

Sedangkan rematik, disebabkan oleh peradangan kronis yang umumnya menyebabkan nyeri pada sendi dikedua sisi tubuh yang diikuti kaku pada sendi. Penyakit rematik biasanya sering menimbulkan gejala disertai dengan adanya pembengkakan, merah, ataupun teraba panas pada daerah yang nyeri. Gejala-gejala tersebut hampir mirip dengan dan juga bisa ditemukan pada penyakit asam urat. 

Adapun beberapa perbedaan rematik dan asam urat lainnya yaitu : 

  • Perbedaan penyebab 
    Rematik disebabkan karena penyakit autoimun, yang umumnya disebabkan yang disebabkan karena faktor genetik. Sedangkan asam urat disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akna kandungan purin, seperti daging, jeroan, kerang, ikan, dll. 
  • Perbedaan Fakor Risiko 
    Penyakit lebih sering menyerang oarng yang berusia diatas 60 tahunan, Namun tidak menutup kemungkinan penyakit rematik juga dapat menyerang pada kelompok usia muda, dan libih banyak ditemukan pada wanita dibandingkan dengan pria. Sedangkan asam urat disebabkan karena konsumsi alkohol yang berlebih, dan lebih banyak ditemukan pada orang yang berusia muda dengan berat badan yang berlebih. 

Dan itulah Perbedaan Rematik Dan Asam Urat yang harus kalian ketahui. Meski gejala yang timbul hampir mirip, Namun kedua penyakit tersebut sangat berbeda. semoga informasinya bermanfaat, dan sampai jumpa. 

Baca Juga :

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *