Waspadai Penyakit Rematik Sebabkan Komplikasi Pada Ginjal

Rematik Sebabkan Komplikasi Pada Ginjal – Rematik merupakan jenis penyakit yang sangat umum terjadi ynag tidak boleh dibiarkan begitu saja. Rematik atau dalam bahasa medis disebut dengan rheumatoid arthritis merupakan jenis penyakit autoimun yang menyerang sendi lutut, kaki, tangan atau bahkan bagian tubuh lainnya. Rematik juga menimbulkan rasa sakit pada bagian tubuh anggota gerak seperti sendi lutut, kaki dan lain-lain.

Waspadai Penyakit Rematik Sebabkan Komplikasi Pada Ginjal

Biasanya rematik sangat rentan terjadi pada lansia, dan sangat jarang diderita oleh golongan orang dewasa. Biasanya rematik juga sering menimbulkan gejala seperti mudah lelah, serta terasa kaku pada bagian sendi. Penyakit yang satu ini jenis penyakit yang tidak boleh dibiarkan atau disepelekan tanpa melakukan pengobatan. Perlu untuk anda ketahui, rematik yang tidak segera dilakukan pengobatan akan menimbulkan komplikasi yang berbahaya, salah satunya yaitu ginjal. Ginjal merupakan salah satu komplikasi rematik yang harus diwaspadai.

Waspadai Penyakit Rematik Sebabkan Komplikasi Pada Ginjal

Tahukah anda, mengapa penyakit rematik sebabkan komplikasi ginjal ? 

Perlu untuk kalian ketahui, rematik merupakan jenis penyakit autoimun yang dimana terjadi karena sistem kekebalan tubuh anda keliru, sehingga menyebabkan sistem imun pada tubuh menyebabkan peradangan. Namun, tanpa melakukan pengobatan yang benar dan cepat makan akan menimbulkan kematian yang terjadi pada penderita rematik.

Tidak hanya itu saja, penyakit autoimun juga dapat mempengaruhi bagian tubuh lainnya, seperti  :

  • Otak
  • Saraf
  • Otot
  • Ginjal
  • Paru-paru
  • Kelenjar
  • Sendi
  • Mata
  • Saluran Pencernaan
  • Pembuluh darah

Selain sebabkan komplikasi pada ginjal, rematik yang tidak segera diobati juga dapat menyebabkan komplikasi lainnya seperi komplikasi pada jantung. Rematik dalam jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya depresi serta jenis kanker tertentu.

Meski rematik identik dengan penyakit yang menyerang persendian, peradangan yang diakibatkan autoimun ini juga mperngaruhi pembuluh darah yang menuju ginjal. Hal tersebutlah yang menyebabkan fungsi ginjal tidak berjalan dengan normal seperti biasanya.

Jika penyakit ginjal tersebut tidak segera melakukan pengobatan, maka akan menimbulkan Rematik Sebabkan Komplikasi Pada Ginjal ini dapat meningkat bila selain memiliki rematik, Anda juga menggunakan kortikosteroid, memiliki tekanan darah tinggi, obesitas, atau kadar kolesterol tinggi.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *