Sayuran Yang Boleh Di Makan Oleh Penderita Rematik

Sayuran Yang Boleh Di Makan Oleh Penderita Rematik – Bagi penderita rematik tentu saja harus lebih pintar memilih makanan yang sehat dan menghindari pantangannya. Sayuran merupakan makanan sehat dan banyak memiliki kandungan vitamin, serat dll. Tetapi bagaimana dengan penderita rematik ? Tidak semua sayuran boleh dikonsumsi dan diantara tergolong sebagai pantangan dan bahkan beberapa makanan yang sehari-hari dikonsumsi merupakan makanan penyebab rematik.

Baca Juga Artikel Tentang Cara Mengobati rematik

Inilah 12 Macam Sayuran Yang Boleh Di Makan Oleh Penderita Rematik

Sayuran Yang Boleh Di Makan Oleh Penderita Rematik

Salah satu penyebab rematik di usia dini adalah makanan. Oleh sebab itu seseorang harus menjaga pola makan untuk terhindar dari penyakit rematik. Berikut adalah sayuran yang boleh di makan oleh penderita rematik, diantaranya :

  1. Bayam.
    Sayuran yang boleh di makan oleh penderita rematik yang pertama adalah bayam. Menurut penelitian kandungan vitamin E yang ada didalam baying sangat mampu untuk melindungi tubuh dari adanya molekul inflamasi, sehingga sayuran ini sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita rematik.
  2. Tomat.
    Tomat merupakan makanan yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Sehingga tidak heran jika tomat dipercaya bisa mengatasi beberapa penyakit termasuk salah satunya adalah rematik. Kandungan antioksidan yang paling banyak ditemukan di dalam tomat adalah karotenoid, betakaroten dan juga likopen. Di dalam tomat juga memiliki kandungan glutation yang mampu membantu pembentukan atau pertahanan imunitas menjadi lebih baik.
  3. Wortel.
    Wortel juga termasuk sayur yang boleh di makan oleh penderita rematik karena memiliki kandungan karotenoid yang mampu mengatasi adanya radikal bebas di dalam tubuh selain itu bisa melindungi sel mata dan mengatasi rematik
  4. Daun bawang.
    Daun merupakan salah satu sayuran yang boleh di makan oleh penderita rematik karena mempunyai banyak manfaat bagi penderita rematik. Kandungan di dalam bawang terdapat sulfur dan juga flavonoid. Sayuran untuk rematik yang mempunyai aroma cukup kuat ini juga mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Pada 1,8 ons daun bawang akan ada 2,18 mg vitamin C.
  5. Bok choy.
    Bok choy adalah salah satu golongan sayuran kol yang mempunyai kandungan vitamin A, vitamin C dan juga kalsium yang cukup tinggi. Di dalam bok choy terdapat kandungan indole dan juga thiol yang merupakan salah satu enzim yang akan membantu membentuk antioksidan. Kandungan-kandungan tersebutlah yang sangat baik jika dikonsumsi oleh para penderita rematik.
  6. Asparagus
    Asparagus merupakan sayuran yang memiliki kandungan anti oksidan cukup tinggi. Sehingga sangat baik jika dikonsumsi penderita rematik. Kandungan kalori di dalam sayuran asparagus juga sangat rendah, di dalam 150 gram asparagus hanya terdapat kurang lebih 20 kalori. Tidak hanya itu saja, asparagus juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah yang terjadi padan pencernaan. Dan untuk para penderita diabetes, asparagus bisa menjadi salah satu pembantu untuk mengolah insulin di dalam tubuh.
  7. Mentimun
    Mentimun merupakan salah satu golongan sayuran yang mempunyai kandungan 95% air dan juga vitamin yang sangat tinggi seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalium, mangan, dan juga tembaga. Mentimun juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak sampai dewasa. Karena kandungan di dalamnya, mentimun juga termasuk sayur yang boleh di makan oleh penderita rematik.
  8. Kentang.
    Kentang yang di olah dengan cara di rebus mempunyai manfaat yang lebih baik jika dibandingkan dengan mengolah kentang dengan cara di goreng. Ini karena saat kentang digoreng maka akan ada kalori di dalamnya. Kandungan tinggi dalam kentang yang sangat baik untuk tulang antara lain adalah kalium, protein, fosfor, vitamin C dan juga vitamin B kompleks. Selain itu kentang juga mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi sehingga akan sangat baik untuk mengatsi adanya masalah pada pencernaan. Kadungan vitamin B5 pada kentang juga sangat baik untuk memecah nutrisi menjadi energy di dalam tubuh.
  9. Sawi Putih.
    Sawi mempunyai kandungan yang sama pentingnya seperti pada sawi hijau. Sawi putih sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala rematik dan juga mencegah terjadinya radikal bebas di dalam tubuh yang sangat berlebihan. Kandungan fitonutrient yang ada di dalam sawi putih juga mempunyai manfaat untuk bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain rematik dan asam urat, sawi juga bisa mengatasi masalah sendi lainnya.
  10. Lobak.
    Lobak yang mempunyai sifat diuretic sangat kuat sehingga bisa mengatasi masalah pada kesehatan tubuh, salah satunya adalah masalah pada persendian yang bisa mengakibatkan peradangan yaitu remati. Kandungan di dalam lobat terdapat banyak sekali enzim yang dinamakan diastase yang kemungkinan besar akan membuat usu Anda tetap dalam keadaa baik. Kandungan lain yang ada di dalam lobak dan dinilai sangat baik untuk kesehatan tulang dan anggota tubuh lainnya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, zat besi, kalsium, asam oksalat, minyak atsiri, betakaroten, niacin, mangan, kolin, asam folic, serat, serta fosfor.
  11. Labu Kuning.
    Sayuran yang boleh di makan oleh penderita rematik selanjutnya adalah labu kuning. Labu kuning termasuk sayur yang boleh di makan oleh penderita rematik karena mengandung zat besi, selenim, zinc, kalium, vitamin dan nutrisi lainnya. Selain itu labu kuning juga sangat baik jika di konsumsi oleh penderita asam urat karena bisa mengurangi kandungan purin yang ada didalam tubuh dan membantu atau meningkatkan kinerja ginjal untuk bisa mengeluarkan purin dalam bentuk urin melalui saluran kemih.
  12. Daun Serai.
    Sayur yang boleh di makan oleh penderita rematik yang terakhir adalah daun serai. Sayuran ini biasanya dikonsumsi untuk menambahkan pada cirta rasa masakan dan juga memiliki manfaat sangat penting untuk kesehatan. Daun ini juga bisa salah satu sayuran anti inflamasi yang bisa mengatasi adanya keluhan rematik karena peradangan pada bagian sendi.

Nah, itu beberapa macam sayuran yang boleh di makan untuk penderita rematik. Perlu Anda ketahui bahwa sayuran yang tertulis diatas selain boleh dimakan juga sangat dianjurkan untuk mempercepat kesembuhan.

Sayuran Yang Boleh Di Makan Oleh Penderita Rematik

Post by. http://www.obatrematik.tokoagaricpro.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *