Tips Mengatasi Sendi Kaku Dipagi Hari Akibat Rematik

Tips Mengatasi Sendi Kaku –  Penderita rematik, mungkin sering meraskan sakit sendi atau kekakuan pada sendi, mungkin hal tersebut sangat sering terjadi apalagi pada pagi hari. Biasanya hal tersebut sangat menganggu, karena menghambat kegiatan tersebut. 

Mengalami sendi kaku tertutama pada malam hari merupakan masalah yang umum terjadi dan sering muncul. Nyeri sendi merupakan salah satu gejala awal yang sering muncul pada penyakit rematik. Meski kaku pada sendi akan mereda dengan sendirinya, namun kondisi tersebut tetaplah sangat menganggu. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, kami mempunya beberapa tips Mengatasi Sendi Kaku Dipagi Hari Akibat Rematik, Penasaran ? Simak informasi dibawah ini. 

Tips Mengatasi Sendi Kaku Dipagi Hari Akibat Rematik

  1. Melakukan olahraga ditempat tidur. Pada saat bangun, lakukanlah peregangan dan latihan ringan ditempat tidur, hal ini bertujuan untuk membantu membangunkan otot-otot anda dan melonggarkan sendi-sendi anda yang berderit. Tidak hanya itu, anda juga dapat berbaring dengan punggung dibawah. Yang pertama, gerakan kepala anda kedua sisi untuk merelaksasikan bagian leher. Kemudian, anda juga dapat melakukan peregangan pada setiap sendi jari-jari tangan anda bahu, pergelangan tangan. Lakukan pula hal yang sama pada bagian tubuh bawah yaitu sendi jari kaki, penyebab sakit lutut, serta pinggul. 
  2. Mandi dengan menggunakan air hangat.  Salah satu metode yang sering digunakan sejak pada zaman dahulu yaitu mandi dengan menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan untuk meredakan kekakuan pada sendi. Suhu panas pada air hangat dapat mengalirkan darah kepermukaan kulit dan menghangatkna bagian sendi. Anda juga bisa merendam dengan menggunakan air hangat selama 10-20 menit, kemudian gerakan sendi anda secara perlahan dan pijat secara perlahan atau ringan dengan menggunakan kain. 
  3. Berolahraga Tiap Hari. Saat sendi sedang kambuh, tentunya menimbulkan rasa nyeri hingga tidak dapat digerakan sama sekali. Untuk mengatasi nyeri sendi tersebut, anda bisa melakukan olahraga ringan untuk menggerakan sendi. Namun, hindari memberi beban pada sendi yang nyeri.
  4. Menggunakan Rasa Panas. Menggunakan rasa panas seperti memakai salep yang panas dapat membantu meringankan kekakuan pada dan nyeri pada sendi. Pijatlah secara lemut pada area sendi yang terasa nyeri, agar suhu panas yang ditimbulkan salep tersebut meresap kedalam dan bertahan selama beberapa jam. 

Baca juga : 

  1. 4 Tanda gejala rematik yang sering diabaikan 
  2. Perbedaan Rematik Dan Asam Urat 

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *